Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 12 Juni 2017

Resep Minuman Dingin Es Kacang Merah


Resep Minuman Dingin Es Kacang Merah  - kacang merah adalah salah satu kacang - kacangan yang paling enak selain kacang hijau. Kacang merah ini sudah menjadi bahan berbagai masakan lezat. Di dalam kacang merah ini memiliki banyak kandungan lemak dan natrium yang sangat rendah, bebas lemak jenuh dan bebas kolestrol. Di samping itu, kacang merah ini menjadi sumber serat yang baik.

Umumnya kacang  merah ini dimasak menjadi bubur, sup atau campuran sayur, nasi tim dan es. Kacang merah juga sering dimasak menjadi selai manis yang biasanya digunakan untuk mengisi berbagai kue seperti, kue poci, kue bulan, bakpau, kue dorayaki, donat dan lain – lain.

Kali ini saya akan berbagi resep untuk anda yang ingin merasakan es kacang merah dengan puas dan segar, dengan kombinasi antara santan, coklat, susu kental dan bahan yang lainnya. Berikut Resep Minuman Dingin Es Kacang Merah. 

Untuk anda yang tertarik untuk membuatnya, maka anda dapat mengikuti resep minuman yang dingin,segar, dan nikmat satu ini:


Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat es kacang merah :
  • 200 gram kacang merah, rendam selam 4 jam agar empuk
  • 3 l3mbar daun pandan
  • 11 buah nangka manis, potong kecil
  • Susu kental secukupnya
  • 400 ml santan kental
  • 1 sendok makan coklat bubuk
  • Gula pasir secukupnya
  • Vanilla bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara membuat es kacang merah yang nikmat :
  1. Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu merendam kacang merah sampai butiran merahnya mengembang lalu masukkan ke dalam panci. Tuangkan 2 liter air kemudian rebus kacang merah dengan menggunakan api sedang dan tunggu sampai kacang merah empuk.
  2. Setelah empuk, tambahkan daun pandan yang sudah dicuci terlebih dahulu. Aduk-aduk sebentar sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan juga garam dapur, gula, dan vanili bubuk. Aduk rata kembali 
  4. Selanjutnya larutkan bubuk coklat dengan air secukupnya. Dan tuangkan ke dalam adonan yang sedang anda rebus tadi aduk sebentar sampai mendidih dan kacang merah mengembang dan agak mengental.
  5. Ditempat lain, maska santan kental dan beri sedikit garam. Aduk – aduk kembali sampai santan mendidih. Perhatikan yaa saat memasak santan jangan sampai santan pecah.
  6. Setelah semua bahan campuran kacng merah dan bahan lainnya matang kemudian didnginkan dan tuangkan ke dalam gelas atau mangkok saji.
  7. Saat menyajikannya beri tambahan di atasnya dengan potongan buah nangka dan juga beberapa es batu sesuai dengan selera.
  8. Langkah akhir, tuangkan santan kental yang sudah dimasak tadi ke dalam campuran kacang merah dan siram dengan susu manis di atasnya.

Baca juga : Resep Masakan yang Lainnya
Nah, gimana mudah kan cara pembuatan es kacang merah ini. tunggu apa lagi segera coba dan praktekkan Resep Minuman Dingin Es Kacang Merah ini di rumah. Selamat mencoba !


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Minuman Dingin Es Kacang Merah