Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Kamis, 06 April 2017

Resep Sambal Terasi yang Menantang Pedasnya


Anda suka makan makanan pedas ? pasti tak lengkap rasanya jika makan tak disertai dengan sambal. Banyak sekali berbagai jenis sambal seperti sambal kacang, sambal tomat dan sambal terasi yang biasanya menambah selera makan anda.

Untuk resep kali ini saya akan membuat resep sambal terasi super hot dengan campuran udang. Pembuatan sambal ini sangat mudah dan bahan – bahannya pun gampang anda dapatkan di pasar tradisional bahkan warung – warung di dekat rumah anda. 

Sambal terasi ini sangat enak juga apabila dijadikan sebagai cocolan tahu ataupun tempe goreng bahkan kerupuk juga enak. Hmmm ingin segera membuatnya di rumah? Berikut cara membuat Resep Sambal Terasi yang Menantang Pedasnya


Bahan bahan untuk membuat resep sambal terasi :
  • 7 buah cabe merah besar
  • 15 buah cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 buah tomat besar 
  • 1 sendok makan gula merah
  • ½ sendok teh garam
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya, untuk menumis

Cara membuat resep sambal terasi :
  1. Pertama bersihkan terlebih dahulu cabai rawit  dan cabai merahserta tomat hingga bersih kemudian goreng hingga lalu, setelah layu lalu angkat.
  2. Kemudian kupaslah bawang merah dan bawang putih lalu goreng juga hingga agak kering, lalu angkat.
  3. Campurkan cabe merah, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih yang sudah anda goreng tadi serta tambahkan terasi, garam, dan gula merah secukupnya kemudian ulek
  4. Setelah cukup halus, tambahkan juga tomat, dan haluskan kembali
  5. Setelah sambal halus panaskan 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis sambal
  6. Tumis sambal sampai tercium bau harum lalu tambahkan gula pasir aduk sebentar dan angkat
  7. Sambal terasi siap untuk disajikan

Nah, itulah cara membuat Resep Sambal Terasi yang Menantang Pedasnya yang bisa anda buat di rumah dengan langkah – langkah yang saya berikan tadi. Sambal terasi ini cendrung memiliki rasa yang sangat pedas dan manis. Namun, apabila anda tidak suka manis tidak pelu menambahkan gula pasir dalam racikan sambal anda.

Tips bagi anda yang sedang meracik resep sambal terasi agar sambal yang anda buat teras gurih dan sedap. Sebelum anda membuat sambalnya pastikan anda membakar atau menggoreng terasi terlebih dahulu. Selain itu, untuk mendapatkan cita rasa terasi yang original sebaiknya anda membeli terasi dari produsen rumahan, karena menurut banyak orang rasa terasi yang dibuat secara manual rasanya lebih nikmat dari pada produk terasi olahan pabrik. Untuk wilayah pulau Jawa produsen terasi rumahan bisa anda temui di kawasan dekat dengan pantai, seperti Pati, Rembang dan Cirebon.

Baca juga : Resep Masakan yang Lainnya
Demikian Resep Sambal Terasi yang Menantang Pedasnya dari saya, semoga resep ini dapat menjadi inspirasi bagi anda. Semoga anda menjadi tertantang untuk membuatnya hehehe . . .




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Sambal Terasi yang Menantang Pedasnya