Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Kamis, 15 Desember 2016

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto



Bicara mengenai ayam presto atau ayam goreng lunak, siapa sih yang tak menyukainya? Dagingnya yang empuk sampai ketulang, memiliki rasa yang enak, gurih dan nikmat. Ayam presto ini sangat enak sekali apabila disajikan bersama dengan nasi hangat yang pulen, ditambah dengan sambal pedas dan lalapan.

Ayam goreng tulang lunak adalah salah satu kuliner yang selalu memberikan kepuasan tersendiri bagi para penikmat ayam, jadi anda jangan heran lagi jika akhir – akhir ini banyak restaurant yang menyediakan ayam goreng presto atau ayam goreng tulang lunak sebagai daftar menu masakannya.

Mungkin anda perlu mencoba Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto ini, karena di dalam resep ini anda dapat mengetahui bahan – bahan apa saja yang di butuhkan serta cara pembuatan ayam goreng tulang lunak presto yang mudah.

Berikut ini akan kami bagikan  beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memasak Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto.


Bahan untuk Resep Ayam Goreng Lunak  :
  1. Dalam membuat resep ayam goreng tulang lunak presto ini sebaiknya anda menggunakan atau memakai ayam kampung muda / ayam pejaten dengan ukuran berat antara 7 – 8 ons. Dalam bentuk utuh atau potongan.  
  2. Bumbu – bumbu yang digunakan untuk melaburi 1 ekor ayam : Garam 1 sdm, Bawang putih 2 siung, Ketumbar 1 sdm, Kemiri 5 butir, Penyedap rasa ½ sdt, Kunyit 2 ruas jari, Lengkuas 2 ruas jari, Jahe 1 ruas jari. Semua bumbu dihaluskan kemudian di balurkan ke ayam sampai merata.
  3. Ayam yang sudah dilumuri dengan bumbu lalu dimasukkan kedalam panci presto. Tata rapi agar bentuk ayam tetap bagus.
  4. Setelah itu masukkan dalam panci beris berisi 1 liter air, kemudian tambahkan 2 batang serai dan 3 daun jeruk sebagai penyedapnya.
  5. Kemudian tutup panci presto, kunci dan keraskan tutupnya sampai benar – benar rapat.
  6. Masak ayam dengan api besar sampai tulang tayam menjdai lunak atau empuk.
  7. Setelah tulang ayam lunak, kemudian matikan api dan katup uapa panci presto dibuka, tunggu sampai uapnya habis. Setelah uap habis ayam tulang lunak siap di goreng.
Cara membuat kremesannya :
  1. Aduk semua bahan kremesan yaitu :
  2. 1 sdm tepung sagu, 1 sdm tepung maizzena, 2 sdm tepung beras, 400 ml air sisa rebusan ayam, 1 sdt baking powder, 1 butir kuning telur, kocok lepas 
  3. Lalu panaskan minyak sampai bener – benar panas kemudian ambil 1 sdm adonan kremesan, dan goreng, biarkan adonan kremesan mengeras. Dan tunggu kremesan berubah warna kecoklatan, setelah coklat angkat dan tiriskan.
  4. Untuk penyajiannya : tata ayam goreng dipiring, kemudian taburi dengan kremesan. Hmmm ayam goreng tulang lunak siap untuk dinikmati.
Baca juga : Resep Masakan yang Lainnya
Demikan Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto lengkap dengan kremesannya. Semoga resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba !


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Presto