Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Kamis, 11 Agustus 2016

Resep Es Kopyor Buatan Dari Agar-agar



Resep Es Kopyor Buatan Dari Agar-agar - Siang – siang hari enak rasanya jika minum es kopyor , pasti ditenggorokan terasa segar. Aroma dan tekstur kelapa kopyor yang empuk dan kenyal semakin menambah nikmatnya es kopyor. 

Sayangnya ,es kelapa kopyor yang asli sekarang  ini sulit untuk ditemukan. Namun, gak usah khawatir anda tetap bisa menikmati es kopyor dengan cara membuat es kopyor buatan atau sintetis dengan menggunakan agar – agar.


Es kelapa buatan ini juga bisa dijadikan variasi menu di tempat – tempat penjualan es. Selain mudah dalam cara pembuatannya, rasanya pun segar, enak di nikmati dan tidak kalah dengan es kelapa kopyor  asli.

Penasaran untuk mencoba membuat es kopyor buatan? Yuk mari kita intip bagaimana resep pembuatannya. Berikut resep pembuatan es kopyor buatan dari agar – agar.

Bahan–bahan yang dibutuhkan untuk membuat es kopyor buatan dari agar–agar:
  • Santan kental 1 liter
  • Agar – agar putih 2 bungkus
  • Garam halus ½ sdt
  • Gula pasir 100 gram
  • Es batu secukupnya
  • Sirup rasa coco pandan secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya


Cara membuat resep es kopyor buatan dari agar–agar:

  1. Pertama – tama masukkan agar – agar ke wajan khusus , kemudian tambahkan garam dan gula. Setelah mendididh angkat dan aduk perlahan janagn sampai santan pecah.
  2. Langkah selanjutnya tuangkan adonan yang telah direbus tadi ke dalam sebuah wadah yang sudah diberi es batu.
  3. Aduklah adonan sesekali agar tidak menggumpal. Aduk – aduk sampai pipih sehingga bentuknya mirip kopyor asli. Lakukan terus sampai adonan habis.
  4. Setelah langkah – langkah di atas selesai, langkah yang terakhir adalah penyajian. Sendokkan kopyor buatan ke dalam gelas saji. Kemudian beri pecahan es batu dan lalu siram dengan sirup coco pandan dan susus kental manis putih.
  5. Es kopyor buatan dari agar – agar siap untuk disajikan.



Nah, maka dari itu tunggu apa lagi, segeralah praktekkan resep es kopyor buatan dari agar – agar di atas. Meskipun tidak ada kelapa kopyor asli, namun campuran dari agar – agar beserta air santannya akan memberikan rasa dan tekstur yang nikmat tidak kalah jauh dengan kelapa kopyor asli tersebut. 

Buatlah untuk keluarga tercinta pasti mereka akan ketagihan. Mereka akan mengira es yang anda suguhkan adalah es kelapa kopyor asli. Badahal es yang anda buat itu adalah es kopyor buatan dari agar – agar hehehe.....Selamat mencoba !! 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Es Kopyor Buatan Dari Agar-agar