Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Minggu, 10 Juli 2016

Cara Membuat Bumbu Ungkep Ayam Sederhana


Mungkin beberapa hari ini anda bingung ingin memasak apa. Anda selalu membuat makanan yang sama terus dan lama-lama bosen. Anda ingin membuat sebuah makanan yang enak tetapi yang proses membuatnya tidak terlalu sulit. Saya menyarankan untuk membuat bumbu ungkep ayam sederhana. Makanan ini berbeda dengan ayam ungkep lainnya. Sangat mudah dibuat dan tidak membutuhkan bahan yang sulit. Anda bisa mengolah ayam ungkep ini menjadi ayam goreng atau ayam bakar. Mungkin hanya butuh waktu 40 menit saja untuk membuat makanan ini.

Cara Membuat Bumbu Ungkep Ayam Sederhana

Anda tak perlu bingung ketika membuatnya. Walaupun anda tidak pintar memasak, anda pasti bisa membuat makanan ini. Yang paling penting, anda harus mengikuti setiap tahap dan takaran yang saya berikan. Untuk daging ayamnya bisa menggunakan ayam kampung atau ayam pertelur. Tetapi untuk ayam kampung membutuhkan waktu yang lebih lama dalam perebusannya. Sedangkan untuk ayam pertelur membutuhkan waktu yang lebih cepat. Mungkin tak perlu terlalu lama lagi. Saya akan membagikan bahan dan bagaimana membuat bumbu ungkep ayam sederhana ini.

Bahan dan Bumbu :
  • 1 ekor (1 kg) ayam
  • 8 butir bawang merah, tumbuk kasar
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdm kecap manis
  • 7 sdt gula
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm cuka
  • 2 sdm asam jawa, cairkan dengan air panas

Cara Membuat Ayam Ungkep Sederhana

Untuk membuat bumbu ayam ungkep sederhana lebih mudah dibandingkan ungkep ayam seperti biasanya. Potong dan bersihkan ayam sesuai selera anda. Tak perlu terlalu kecil-kecil ketika memotongnya. Selanjutnya haluskan bumbu seperti bawang merah dan ketumbar. Tumis bahan tersebut kemudian tambahkan asam jawa, garam, cuka, lada dan gula. Aduk sampai rata dan tercium bau harum. Masukan air ke dalam tumisan biarkan mendidih sebentar. Selanjutnya masukan daging ayam. Masak daging ayam sampai matang dan semua bumbu meresap. 
Baca juga : Bumbu Ungkep Ayam Asli
Jika ayam belum matang anda bisa menambahkan air lagi. Sebelum ayam belum benar-benar matang, anda bisa menambahkan kecap manis. Angkat jika daging ayam sudah empuk. Setelah itu anda bisa mengolah ayam ungkep tersebut menjadi ayam goreng atau ayam goreng. Yang paling mudah ayam goreng. Anda tinggal memanaskan minyak dan menggorengnya sampai berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Bagaimana mudah bukan? Tidak membutuhkan waktu yang lama dan bahan yang sulit, anda sudah bisa menghasilkan makanan yang enak. Selamat mencoba bumbu ayam ungkep sederhana di rumah.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Bumbu Ungkep Ayam Sederhana