Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Sabtu, 16 Juli 2016

Cara Membuat Bumbu Nasi Liwet Solo


Solo sebuah kota yang dijuluki sebagai the spirit of java memang mempunyai banyak sekali keunikan. Di kota yang kecil ini, anda bisa menikmati berbagai macam kesenian, keramahan masyarakat dan tentunya kuliner yang sangat enak. Ada banyak sekali makanan khas dari solo. Salah satunya adalah nasi liwet. Nasi liwet solo menjadi makanan wajib jika datang ke kota ini. Untuk menemukan makanan khas solo ini sebenarnya sangat mudah. Ada banyak sekali orang yang menjualnya. Di pinggir jalan kota solo, pasti ada orang yang menjualnya dengan rasa bumbu nasi liwet solo yang khas.

Cara Membuat Bumbu Nasi Liwet Solo

Jika anda kangen dengan bumbu nasi liwet solo, sekarang anda tak perlu jauh-jauh lagi ke solo. Tetapi anda bisa membuatnya sendiri rumah. Anda hanya memerlukan rice cooker dan beberapa bumbu sederhana saja. Tak memerlukan dana yang banyak dan waktu yang lama. Anda bisa membuat nasi liwet solo ini, sambil menyelesaikan pekerjaan rumah lainnya. Anda sudah siap untuk membuat nasi liwet solo? Inilah bahan yang harus anda siapkan.

Bahan Nasi Liwet:
  • 450 gram beras 
  • 4 lembar daun salam 
  • 3 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1/2 sendok makan garam 
  • 1.150 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Cara Membuat Nasi Liwet Solo

Pertama bersihkan beras yang anda gunakan. Selanjutnya anda bisa mendidihkan santan aduk sebentar lalu masukan nasi yang sudah anda cuci. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu nasi liwet solo seperti daun sereh, daun salam dan garam. Masak nasi sampai santan menyusut dan habis. Angkat lalu diamkan terlebih dahulu. Selanjutnya masukan nasi tersebut ke dalam rice cooker dan tambahkan air. Masak nasi sampai matang dengan sempurna dan ketika di pegang sudah empuk.
Baca juga : Bumbu Nasi Liwet Mudah
Cara membuat nasi liwet solo dan sunda memang sedikit berbeda. Kalau nasi liwet solo harus dimasak dengan santan terlebih dahulu. Ini membuat bumbu nasi liwet solo lebih pulem dan baunya lebih mantap. Jika di sunda di pasangkan dengan ayam bakar. Di solo nasi liwet di tambahkan sayur labu siam, telur dan opor ayam. Selain itu makannya juga dengan menggunakan alas daun pisang. Demikian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat buat anda. Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Bumbu Nasi Liwet Solo