Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Jumat, 15 Juli 2016

Bumbu Nasi Liwet Khas Sunda


Pagi-pagi sarapan nasi liwet dengan ayam goreng, tempe goreng dan cah kangkung pasti sangat enak sekali. Nasi liwet memang menjadi menu yang tepat, karena rasanya yang enak, gurih dan pulen. Berbeda dengan nasi pada umumnya, nasi liwet mempunyai rasa bumbu nasi liwet khas sunda yang lebih khas. Untuk orang di daerah jawa barat pasti sudah terbiasa dengan nasi liwet ini. Orang-orang jawa barat atau sunda selalu menjadikan menu wajib ketika diadakan acara penting di rumah atau biasa disebut sebagai curcurak. 

Bumbu Nasi Liwet Khas Sunda

Tak hanya ketika acara kumpul keluarga saja. Ketika menjelang pergantian tahun, hari raya idul fitri dan hari raya besar lainnya pasti ada nasi liwet khas sunda ini. Lalu apa bedanya nasi liwet sunda dengan nasi liwet solo. Sebenarnya sama saja bahan yang digunakan juga sama. Biasanya berbeda dari jenis beras yang digunakan. Kalau nasi liwet sunda biasanya menggunakan beras cianjur. Tetapi jika anda tidak tinggal di daerah sunda. Menggunakan beras lainnya juga bisa, yang paling penting beras tersebut harus pulen ketika di masak. Berikut ini bahan dan bumbu nasi liwet khas sunda yang harus anda persiapkan

Bahan Untuk Membuat Nasi Liwet Sunda

  • ½ kg beras
  • 8 siung bawang putih
  • 3 lembar daun salam
  • 3 batang sere
  • Penyedap rasa
  • Garam secukupnya
  • 150 gram ikan asin atau teri
  • 1200 ml air

Langkah-Langkah Membuat Nasi Liwet Sunda

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam membuat bumbu nasi liwet khas sunda tentunya dengan mencuci berasnya terlebih dahulu. Selanjutnya anda siapkan bumbu-bumbunya. Pertama kupas bawang putih, iris tipis-tipis dan goreng sampai mengering. Masukan beras ke dalam rice cooker bersama dengan bumbu lainnya. Seperti daun salam, sereh, bawang putih yang sudah digoreng, penyedap rasa, garam dan ikan teri. Jangan lupa untuk menambahkan air ke dalam rice cooker. Pasang rice cooker ke mode masak dan tunggu nasi liwet sampai matang.
Baca juga : Bumbu Nasi Liwet Khas
Nasi liwet anda sudah siap untuk dihidangkan. Ini bisa menjadi pengganti nasi, jika anda sudah bosen dengan nasi yang dimasak seperti biasanya. Makan dengan lauk yang sederhana pun sudah enak. Ada beberapa tips yang harus anda lakukan ketika memasak nasi liwet. Untuk airnya usahkan lebih banyak dari biasanya. Kalau biasanya hanya dua gelas, untuk nasi liwet perlu 3 gelas ketika memasaknya. Dengan begitu bumbu nasi liwet khas sunda anda dapat lebih pulen dan enak. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Nasi Liwet Khas Sunda