Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Rabu, 13 Juli 2016

Bumbu Nasi Liwet Enak


Pasti anda sudah tidak asing dengan nasi liwet. Di daerah solo sangat terkenal sekali nasi liwet dan banyak yang menjualnya. Nasi liwet ini mempunyai rasa yang berbeda dengan nasi pada umumnya. Jika nasi biasanya mempunyai rasa hambar sedangkan nasi liwet mempunyai rasa ada bumbunya. Hal ini dikarenakan ketika memasak nasi liwet, diberikan bumbu rempah. Jadi membuat nasi liwet semakin enak di santap. Untuk bumbu nasi liwet enak, sangatlah mudah. Jadi anda tak perlu khawatir ketika membuatnya.

Bumbu Nasi Liwet Enak

Nasi liwet ini sangat enak dipadukan dengan ikan bakar, ikan asin atau lauk sederhana lainnya. Nasi liwet sangat cocok dijadikan menu sarapan di pagi hari. Untuk membuat nasi liwet ini membutuhkan beras yang pulen. Sehingga membuat rasanya akan lebih enak. Jika terlalu keras, membuat bumbu nasi liwet enaknya kurang merasuk dengan sempurna. Mari langsung saja kita ketahui apa saja bahan dan cara membuat nasi liwet enak dan lezat.

Bahan-bahan Membuat Nasi Liwet

  1. 1 liter beras pulen cianjur atau jenis beras lainnya. 
  2. air beras secukupnya
  3. 6 siung bawang putih
  4. 2 batang daun sereh
  5. 5 lembar daun salam
  6. garam secukupnya
  7. gula pasir secukupnya

Cara Membuat Nasi Liwet Enak

Langkah pertama cuci berasnya terlebih dahulu, sisihkan. Selanjutnya kupas bawang putih, potong tipis-tipis dan digoreng sampai mengering. Angkat dan sisihkan. Masukan beras ke dalam rice cooker dan tambahkan air. Untuk memasak nasi liwet airnya harus lebih banyak dibandingkan menanak nasi seperti biasanya. Selanjutnya masukan bawang putih yang sudah di goreng, sereh, gula, daun salam, dan garam ke dalam rice cooker. Masak nasi liwet sampai matang dan bumbu nasi liwet enak menyerap dengan memasang timer pada rice cookernya. 
Baca juga : Bumbu Nasi Liwet Original
Nasi liwet anda sudah siap untuk dihidangkan. Nasi liwet ini akan lebih enak jika ditambahkan ikan teri. Sehingga akan mempunyai perpaduan rasa gurih ditambah dengan bau sereh dan daun salam yang enak. Ini akan menambah nafsu makan anda semakin banyak. Apalagi di makan ketika nasi masih hangat dengan menggunakan alas daun pisang. Bagaimana mudah bukan? Hanya memerlukan waktu 30 menit saja untuk menyiapkan nasi liwet ini. Demikian sedikit resep mengenai bumbu nasi liwet enak yang bisa saya sampaikan. Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Nasi Liwet Enak