Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Selasa, 12 April 2016

Bumbu Steak Jawa


Steak merupakan salah satu sajian kuliner yang mungkin khas dengan makanan asing, restoran dan harga yang mahal. Jangan salah. Ada jenis steak asli masakan nusantara yang tak kalah lezat dan populernya yaitu steak jawa. Steak khas jawa ini biasa dikenal di kalangan masyarakat Indonesia dengan sebutan bistik. Jika dilihat dari bentuknya, sekilas bistik atau steak jawa ini memang terlihat seperti steak pada umumnya. Namun jika dilihat dari rasanya, tentu steak jawa ini memiliki cita rasa yang berbeda karena memiliki racikan bumbu sendiri yang sangat khas dengan jawa. Anda harus tahu bumbu steak jawa ini agar bisa mencobanya di rumah.

Bumbu Steak Jawa

Bistik atau steak jawa merupakan salah satu sajian kuliner khas jawa yang sangat disukai banyak orang dan menjadi salah satu menu favorit keluarga. Rasanya yang tak kalah lezat dari steak lainnya, membuat bistik ini selalu menjadi pilihan sajian pada acara-acara besar tertentu seperti syukuran, lamaran, pernikahan dan lain sebagainya. Tak hanya steak daging yang pada umumnya ada dalam menu restoran, bistik jawa pun menjadi salah satu menu beberapa restoran yang tak kalah larisnya. Namun, membuat sendiri steak jawa dengan bumbu yang pas tentu akan terasa lebih enak bukan? Nah kami akan berikan resep, bahan dan bumbu steak jawa untuk anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah. 

Bahan untuk Membuat Steak Jawa

1 sendok teh garam 
1 sendok teh merica
4 sendok makan kecap manis
1 sendok teh cuka 
4 butir bawang merah
800 ml air
1 sendok teh merica 
1 sendok teh garam 
1/2 kg daging sapi

Cara Membuat Steak Jawa

Cara membuat bistik atau steak jawa itu sangat simpel dan mudah. Agar lebih mudah, siapkan dan teliti dengan baik bahan dan bumbu steak jawa dengan lengkap sebelumnya. Setelah itu anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Potong daging sapi dan lumuri daging tersebut dengan garam yang ditambah dengan cuka dan merica. Remas-remas lalu sisihkan. Setelah itu, masak air lalu masukkan kecap, merica, garam dan bawang merah yang telah diiris-iris. Kemudian daging sapi dimasukkan, aduk dan biarkan hingga kuah mengental. Sajikan Steak jawa dengan nasi putih yang hangat.
Baca juga : Bumbu Steak Lezat
Itulah resep membuat bistik atau steak jawa yang enak dan lezat. Dengan bumbu steak jawa yang diracik sedemikian rupa membuat bistik atau steak jawa ini tak kalah dengan steak-steak lainnya. Semoga resep ini bisa membantu anda yang ingin membuat menu sajian baru untuk keluarga anda. Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bumbu Steak Jawa