Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Kamis, 31 Maret 2016

Bumbu Sate Ayam Dan Sate Kambing Madura


Sate merupakan salah satu makanan paling nikmat yang ada di Indonesia dan ternyata makanan khas ini tidak hanya di gemari oleh penduduk dalam negri saja melainkan pendatang dari luar juga sangat suka menyantap dan menikmati kelezatan bumbu sate kacang yang sangat halus dan memiliki cita rasa tersendiri. Biasanya sate di santap dengan menggunakan lontong atau ketupat dan ada juga yang mengonsumsi sate dengan menggunakan nasi namun karena kelezatan sate yang menggoda ini membuat pecinta sate langsung menyantap sate tanpa menggunakan lontong atau pun nasi dan biasanya sate di jual dengan cara di bungkus dengan kertas minyak dan meski nampak tusuk satenya saja yang mengarah ke atas tentu sudah menarik selera dan nafsu makan. 

Bumbu Sate Ayam Dan Sate Kambing Madura

Sate memiliki banyak variasi yaitu sate ayam, sate kambing, sate kuda, sate babi, sate sapi, dan lain sebagainya. Namun pembahasan kali ini akan mengulas tentang bumbu sate ayam dan sate kambing yang di buat dengan cara yang sangat mudah. Bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membuatnya berikut informasinya.

Bahan Bumbu Sate Ayam Dan Sate Kambing

Bahan Utama :
  • Ayam ½ ekor & Daging Kambing 500 gram - di potong dadu tanpa kulit dan tulang
  • Kecap manis 10 sendok makan - di oleskan
  • Margarine 4 sendok makan - di lelehkan
  • Jeruk limau 4 buah
  • Tusukan sate
Bahan Bumbu Kacang :
  • Air 700 ml
  • Kacang tanah 300 gram - di goreng, di haluskan
  • Kecap manis 10 sendok
  • Garam
  • Merica bubuk
  • Minyak goreng
Bahan Bumbu Halus :
  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih 6 siung
  • Cabai merah 8 buah
  • Kemiri 4 butir
Kelezatan bumbu sate terletak pada rasa kacangnya yang halus, gurih, dan pas kita di baurkan dengan sate sehingga hal pertama yang harus di lakukan dalam pembuatan sate yaitu membuat bumbu kacangnya terlebih dahulu. Pada cara pembuatan bumbu sate, kita memerlukan beberapa bahan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan kemiri lalu di tumis dengan menggunakan sedikit minyak yang sebelumnya sudah di panaskan dengan api sedang. Setelah itu bahan kacang yang sudah di haluskan sebelumnya di masukkan ke dalam tumisan lalu tuangkan sedikit air dan masak lagi hingga mendidih dan mengental. Kemudian tambahkan garam, merica bubuk, dan kecap manis lalu di aduk kembali hingga merata dan setelah itu dapat di angkat dan di sisihkan.

Setelah pembuatan bumbu sate selesai, berikutnya kita akan mengolah dagingnya. Daging ayam dan daging kambing di cuci hingga bersih kemudian di tiriskan sejenak. Kemudian daging yang telah di potong dadu dapat di tusukkan dengan menggunakan tusuk sate kemudian sisihkan. Berikutnya campurkan margarin dan kecap manis lalu di aduk dan di oleskan pada sate ayam dan juga sate kambing secara merata. Kemudian siapkan bara api panggangan untuk memanggang sate ayam dan sate kambing dan tunggu hingga menjadi setengah matang sebelum di angkat.
Baca juga : Bumbu Sate Lengkap
Setelah sate ayam dan sate kambing di panggang sebentar, celupkan kembali semua sate tersebut ke dalam bumbu sate kacang dan panggang kembali kemudian tunggu hingga daging sate ayam dan sate kambing menjadi empuk. Apabila warnanya telah berubah menjadi kecoklatan maka dapat langsung di angkat dan sajikan dalam wadah. Langkah yang terakhir yaitu menuangkan bumbu sate di atas sate ayam dan sate kambing dan beri perasan jeruk limau kemudian tambahkan sajian pelengkap seperti irisan bawang merah, irirsan tomat, irisan cabai rawit dan sate ini juga sangat nikmat jika di santap dengan tambahan lontong atau juga ketupat. Inilah cara pembuatan bumbu sate ayam dan sate kambing Madura yang sangat nikmat dan menggoda. 

Tentunya bagi anda pecinta sate kini jika ingin mengonsumsi sate dengan porsi banyak sekaligus dan dapat di konsumsi selama beberapa hari tanpa harus mengeluarkan banyak uang maka anda dapat membuatnya sendiri sesuai dengan selera anda karena membuat sendiri akan jauh lebih hemat di banding dengan membeli di luar.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bumbu Sate Ayam Dan Sate Kambing Madura